• Tue. Jul 23rd, 2024

PRAMAIDA

Pramuka MA Plus Keterampilan Al Hidayah Laju Kidul Singgahan Tuban

MENGENAL PRAMUKA PENEGAK

Byadmin

May 16, 2023

Pramuka Penegak merupakan golongan sekaligus sebutan bagi anggota gerakan pramuka yang berusia antara 16-20 tahun.

Kata “PENEGAK”berasal dari kata tegak merujuk pada tahap keberhasilan bangsa indonesia dalam menegakkan negara kesatuan republik indonesia yang ditandai dengan adanya proklamasi kemerdekaan yang dibacakan pada tanggal 17 agustus 1945.

Tentu banyak sekali tahapan yang harus dilewati ketika ingin mencapai golongan dalam penegak yang pertama kita harus melewati golongan penyiagaan bangsa,dan penggalangan persatuan dan kesatuan yang mana kedua tahapan itu kemudian dijadikan nama golongan anggota gerakan pramuka siaga dan penggalang.

Ketika kita sudah berusia 16 tahun maka kita diperbolehkan untuk menggunakan istilah Pramuka Penegak.

Sebelum dilantik menjadi pramuka penegak seorang calon pramuka penegak melewati masa yang dinamakan “TAMU AMBALAN” selama sedikitnya 1 bulan. Selama menjadi tamu ambalan,calon penengak dapat mengikuti acara-acara tertentu dalam ambalan hingga kemudian dilantik dalam sebuah upacara penerimaan tamu ambalan.

Pramuka Penegak sendiri dikelompokkan menjadi beberapa kelompok ada yang namanya sangga,sangga adalah kelompok atau satuan terkecil yang terdiri atas 4-8 Pramuka penegak.

Sangga dinamai dengan nama Perintis,Pencoba,Penegas,Pelaksana,Pendobrak .

Dalam istilah sangga memiliki kepemimpinan yang disebut dengan pimpinan sangga(PINSA) yang dipilih dari dan oleh anggota sangga yang bersangkutan.

Tiga(3) atau empat(4) sangga dengan total anggota antara 12 sampai 32, dihimpun dalam satuan yang lebih besar yang disebut sebagai ambalan, diambalan di pimpin oleh seorang pemimpin sangga utama yang disebut pradana yang dipilih dari dan oleh para pemimpin sangga dalam pasukan tersebut.

KODE KEHORMATAN PRAMUKA PENEGAK Sebagaimana golongan anggota gerakan pramuka lainya ,pramuka PENEGAK memiliki kode kehormatan yang terdiri atas Satya Pramuka dan Dharma Pramuka. Satya Pramuka (janji)penegak disebut sebagai “Tri satya ” yang terdiri atas 3 butir janji sedangakan Dharma Pramuka (katentuan moral )Penegak disebut sebagai Dasadharma yang terdiri atas sepuluh butir sikap dan normal tindakan yang harus dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan kepramukaaan maupun diluar.

Pramuka Penegak memiliki 2 tingkatan yaitu penegak bantara dan penegak laksana.kecakapan pramuka penegak terdiri atas kecakapan umum,kecakapan khusus,dan pramuka garuda.kecakapan umum ditempuh dengan menyelesaikan syarat kecakapan umum(SKU) Syarat kecakapan khusus yaitu memiliki tiga tingkatan ya itu purwa,madya,dan utama.Pramuka penegak yang telah menyelesaikan kecakapan umum pramuka laksana dapat menempuh GARUDA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.