• Wed. Feb 21st, 2024

PRAMAIDA

Pramuka MA Plus Keterampilan Al Hidayah Laju Kidul Singgahan Tuban

MENGENAL PRAMUKA SIAGA BERSAMA PRAMAIDA

Byadmin

Jan 31, 2024


PENGERTIAN PRAMUKA SIAGA
Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur antara 7–10 tahun. Disebut pramuka siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia menyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.
KODE KEHORMATAN PRAMUKA SIAGA
Kode kehormatan bagi pramuka siaga ada dua, yaitu Dwi Satya (janji pramuka siaga) dan Dwi Darma (ketentuan moral pramuka siaga).
Dwi Satya
Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
1.Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia,

2.Dan mengikuti tata krama keluarga.
Setiap hari berbuat kebaikan.


Dwi Darma
1.Siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya
2.Siaga berani dan tidak putus asa


Dua Kode Kehormatan yang disebutkan di atas adalah standar moral bagi seorang Pramuka Siaga dalam bertingkah laku di masyarakat. Jadi kalau ada seorang anggota Pramuka Siaga yang tingkah lakunya tidak sesuai dengan standar moral ini, dia belum bisa disebut Pramuka Siaga seutuhnya.


NAMA-NAMA PIMPINAN DIDALAM PRAMUKA SIAGA
Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebutBarung,setiap beberapa Barung dihimpun dalam sebuah satuan besar yang bernama Perindukan. Barung diberi nama dengan warna semisal, Barung Merah, Barung Hijau dll. Sebuah Barung beranggotakan antara 6 – 8 Orang.
Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung) yang dipilih oleh Barung itu sendiri.
Masing-masing Ketua Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung itu tadi. Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih oleh anggota Barung itu sendiri disebut dengan Pinung. Masing-masing Pemimpin Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung.
Pembina Pramuka Siaga putra dipanggil Yanda dan Pembina Siaga Pramuka putri dipanggil Bunda.
Pembantu Pembina Pramuka Siaga putra dipanggil Pakcik dan Pembantu Pembina Pramuka putri dipanggil Bucik.


Dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkat, yaitu:
1. Mula
2. Bantu
3. Tata

Siaga Mula: Mengenal anggota keluarga, teman dalam satu barung, dan mengenal teman satu perindukan.
Siaga Bantu : Mengenal lingkungan dan mengetahui aturan-aturan sosial yang berlaku lingkungannya.
Siaga Tata: Taat pada peraturan sosial yang berlaku di lingkungannya.
Bentuk barisan dalam Upacara Siaga adalah lingkaran dengan Pembina berada di tengah lingkaran. Ini mengandung filosofi bahwa cara pandang Pramuka Siaga yang masih terfokus pada satu titik.


Setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya  yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau.

TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh
ARTI DAN KIASAN TANDA KECAKAPAN UMUM (TKU)

Arti dan Kiasan TKU Pramuka Siaga
Berbentuk jajaran genjang, dengan sisi pendek 1,3 cm dan sisi panjang 5 cm, warna dasar hijau tua, letaknya miring 300 ke kanan atas
Di dalam jajaran genjang tersebut terdapat gambar kelopak bunga kelapa yang sudah mulai terbuka, berwarna putih, Kelopak bunga kelapa yang mulai merekah, atau terbuka ini menggambarkan pertumbuhan tanaman, mengibaratkan Pramuka Siaga yang sedang tumbuh menjadi tunas calon bangsa.
kelopak bunga diletakkan miring, menggambarkan bunga kelapa yang selalu memperlihatkan sudut miring terhadap batang pohonnya, mengibaratkan keterikatan Pramuka Siaga dengan keluarga dan orang tuanya.
Garis tepi jajaran genjang berwarna hitam.
Warna hijau melambangkan kesegaran hidup sesuatu yang sedang tumbuh.
Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Siaga dapat dikenakan pada lengan baju sebelah kiri di bawah tanda barung. TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur (ini juga diambil dari kebiasaan para pahlawan dulu untuk menandakan pangkat seseorang).


ARTI DAN KIASAN TANDA KECAKAPAN KHUSUS (TKK)
tanda kecakapan khusus Pramuka siaga maksudnya adalah tanda yang diberikan kepada anggota Pramuka siaga yang yang berhasil menunjukkan pencapaian pada bidang tertentu, penyapaianya yang dimaksud, antara lain seperti kecakapan, keterampilan, kemampuan, sikap, dan ketangkasan. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pramuka Siaga berbentuk segitiga sama sisi dengan panjang masing-masing sisi 3 cm dan tingginya 2 cm. TKK dapat dipasang di lengan baju sebelah kanan membentuk setengah lingkaran di sekeliling tanda Kwarda dengan puncak menghadap ke bawah sebanyak 5 buah.

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka siaga, antara lain:
TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
TKK Pengatur Ruangan
TKK Pengamat
TKK Juru Masak
TKK Berkemah
TKK Penabung TKK
Penjahit
TKK Juru Kebun
TKK Pengaman Kampung
TKK Gerak Jalan
Perlu dipahami bahwa 10 Tanda Kecakapan Khusus Pramuka siaga yang dimiliki oleh masing-masing anggota tidaklah selalu sama. Hal ini dikarenakan setiap anggota mempunyai kemampuan, keterampilan, sikap, dan ketangkasan yang berbeda-beda
ARTI DAN FUNGSI SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU)
Syarat Kecakapan Umum (disingkat SKU) adalah syarat kecakapan yang wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka sebagai peserta untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum. SKU disusun berdasarkan pembagian golongan usia Pramuka yaitu golongan Siaga, golongan Penggalang, golongan Penegak dan golongan Pandega.
SKU berfungsi sebagai:
Sebagai persyaratan bagi seorang anggota Pramuka untuk menjadi anggota di satuan / Gudep
Merupakan rangsangan dan dorongan untuk memperoleh kecakapan
Proses atau usaha untuk mencapai kemajuan.
PESTA SIAGA
Di dalam pramuka siaga juga terdapat kegiatan yang bernama pesta siaga.
Pesta Siaga adalah pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk:
Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.
Pameran Siaga adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.
Yantoomulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya masyarakat umum.
Darmawisata, adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu yang pada akhir kegiatan Pramuka Siaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga.
Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreativitas Pramuka Siaga.
Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah tempat bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.
Jika mengikuti kegiatan pesta siaga,maka akan mendapatkan penghargaan/tiska siaga,yang memuat “PESTA SIAGA”.
Tanda penghargaan digunakan oleh Gerakan Pramuka sebagai alat pendidikan, yaitu dengan memberi Tanda Kehormatan, yang diharapkan dapat memberi dorongan kepada seseorang untuk meningkatkan kepribadiannya, prestasi kerjanya, dan pengabdiannya, serta memberikan tanggung jawab yang berhubungan dengan pemberian tanda kehormatan itu.
Pada Peserta Didik diberikan Tanda penghargaan kegiatan, yaitu tanda kehormatan yang diberikan kepada seorang Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega) yang telah menampilkan keaktifannya dan mencapai prestasi yang baik dalam suatu kegiatan kepramukaan. Tanda Penghargaan yang dibahas dalam pembahasan disini yakni, Tanda Ikut Serta Kegiatan (Tiska) dan Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong (Tigor).

Pewarta:Kak Alya

Leave a Reply

Your email address will not be published.