• Sat. Jul 20th, 2024

PRAMAIDA

Pramuka MA Plus Keterampilan Al Hidayah Laju Kidul Singgahan Tuban

INTERNET,PRAMUKA DAN REMAJA

Byadmin

Jan 17, 2023
Warta Pramuka

Internet, Pramuka, dan Remaja

Internet menjadi penemuan yang mengubah hampir seluruh aspek kehidupan manusia mulai dari budaya, ekonomi sampai sosial.

Pengaruh Internet dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua di satu sisi memiliki banyak nilai positif contohnya sekarang kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkini dengan cepat melalui media sosial, berbeda dengan masa sebelum adanya Internet penyebaran informasi kebanyakan menggunakan media cetak yang penyebarannya cukup memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Dari dampak positif di atas tak dapat dimungkiri Internet juga merupakan pintu masuk dari berbagai macam dampak negatif, di internet semuanya bebas tanpa batasan oleh karena itu seharusnya remaja mampu membatasi diri dari pengaruh dampak negatif dari internet, tetapi kenyataannya remaja justru menjadikan hal-hal yang ada di internet sebagai inspirasi dalam bertindak.

Salah satu dampak negatif dari internet yang sering kita temukan adalah cyber bullying, cyber bullying adalah segala bentuk ejekan, fitnah maupun ancaman yang dilakukan menggunakan perantara teknologi.

Cyber bullying merupakan suatu perbuatan yang sangat berbahaya karena dapat merusak kesehatan mental seseorang dan juga cyber bullying ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga sulit untuk dicegah.

Setelah itu bagaimana gerakan pramuka berdiri pada masalah tersebut?

Sebagai seorang pandu tentu tidak bisa diam menyaksikan gejala keburukan tersebut di masyarakat. Seorang pandu harus menanggulangi dan dapat mencegah perilaku negatif yang disebabkan oleh internet.

Pada era globalisasi ini seorang pandu juga harus melek teknologi untuk mengikuti arus perkembangan zaman, dengan menggunakan teknologi kita dapat menyebarkan nilai nilai positif yang kita dapat dari pramuka ke masyarakat.

Penyebaran nilai-nilai positif tersebut dapat dilakukan dengan banyak hal, misal membuat video mengkampanyekan anti cyber bullying, kampanye tidak melulu berorasi dengan lantang dan terkesan menggurui di depan masyarakat tetapi kampanye juga bisa dilakukan dengan pendekatan yang manusiawi sehingga pesan-pesan yang disampaikan akan benar benar masuk di dalam sanubari orang yang melihat dan mendengarnya.

Gerakan Pramuka memiliki tanggung jawab yang besar untuk kemajuan bangsa para pandu-pandu diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat karena seorang salah satu pemegang kendali masa depan Indonesia adalah Gerakan Pramuka.
Pewarta : Humas pramaida

Leave a Reply

Your email address will not be published.