Tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Bapak Pandu Dunia. Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal lahir dari Boden Powell.

Baden Powell adalah pendiri Gerakan Pramuka Dunia bernama asli Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Lahir di London, Inggris pada 22 Februari 1857.

Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pandu Dunia karena keahliannya dalam mendukung pengembangan pemuda di Inggris.

Gerakan Pramuka kemudian berkembang dari pembinaan para pemuda yang dilakukan Boden Powell ini.

Sejak tahun 1908, Baden Powell menulis tentang pengalamannya dengan program pelatihan Pramuka.Kumpulan cerita tersebut menjadi sebuah buku berjudul “Scouting for Boys”.

Powell pernah membawa 21 orang remaja untuk berkemah di pulau Browsea selama delapan hari pada tahun 1907.

Di pulau tersebut Baden Powell banyak menerapkan apa itu Scounting secara intensif dan pada akhirnya ia menuliskan cerita keberhasilannya saat kegiatan tersebut.

Hasil karya Bapak Pandu tersebut diberi judul “Scounting fo Boy”, hingga saat ini pun masih digunakan sebagai buku kepanduan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Buku itu dengan cepat menyebar ke seluruh Inggris dan negara-negara lain dan kemudian mendirikan organisasi Pramuka khusus laki-laki.

Adik Baden Powell, Agnes Powell, kemudian mendirikan organisasi Pramuka wanita bernama “Girls Guide”, yang diteruskan oleh istri Baden Powell.The Girls Guide kemudian berubah nama menjadi “Girl Scouts”.

Baden Powell menciptakan sebuah buku yang bertujuan untuk mengelompokan usia Pramuka. Pada tahun 1916 dibentuklah kelompok Pramuka usia siaga.

Pada tahun 1918 dibentuklah kelompok Pramuka untuk usia 17 tahun.Kemudian, pada tahun 1920, Jambore Pandu Dunia pertama diadakan di London.

Baden Powell saat itu mengundang 27 negara yang memiliki organisasi Pramuka.Pada saat itu, Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pandu Dunia (Chief Scout of The World).

Seperti itulah sejarah singkat bagaimana Robert Stephenson Smyth Baden Powell dapat dinobatkan sebagai Bapak Pandu Dunia yang dirayakan setiap 22 Februari dengan sebagai Hari Bapak Pandu Dunia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *