• Sat. Jul 27th, 2024

PRAMAIDA

Pramuka MA Plus Keterampilan Al Hidayah Laju Kidul Singgahan Tuban

Hari tunas gerakan pramuka

Byadmin

Mar 9, 2021

satu demi satu tunas muda tumbuh,menjulang,kokok,bermanfaat,dan bearti.

Hari tunas kelapa diperingati setiap tanggal 9 maret. Tunas kelapa merupakan lambang gerakan pramuka. Lambang tunas kelapa ini di ciptakan oleh Alm.  Sunardjo Atmodipuro yang merupakan seorang Pembina pramuka yang aktif bekrtja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang ini ditetapkan sejak tanggal 16 Agustus 1961 melalui surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.06/KN/72 tahun 1972. Lambang Tunas kelapa sendiri memiliki makna sebagai berikut :

  • Buah nyiur atau tunas kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal dan istilah cikal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi buah nyiur atau tunas kelapa mengkiasakan bahwa setiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
  • Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan apapun artinya setiap anggota pramuka adalan seseorang yang rohaniah dan jasmaniah,sehat,kuat, dan ulet serta besar tekatnya dalam menghadapi segala tantangan hidup dan dalam menempuh segala ujian,serta kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indoneisa.
  • Nyiur dapat tumbuh dimana saja yang membuktikan besarnya daya upaya dalam keadaan bagaimanapun juga.
  • Nyiur menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia artinya bahwa setiap anggota pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus yakni yang mulia dan jujur dan tetap tegak tidak mudah terombang-ambing oleh sesuatu.
  • Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah yang mengkiaskan  tekat dan keyakinan tiap anggota pramuka yang berpegang pada landasan-landasan yang baik,benar,kuat an nyata ialah tekat dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
  • Tunas kelapa adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya yang mengkiaskan bahwa setiap anggota pramuka adalah manusia yang berguna dan membangkitkan diri dan kegunaanya kepada kepentingan tanah air,bangsa,dan Negara Republik Indonesia seta kepada umat manusia.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.