Gerkan Pramuka adalah Gerakan Pendidikan yang komplementer dan suplementer dalam arti melengkapi dan memenuhi pendidikan yang diperoleh pemuda di rumah dan sekolah.

Dalam buku Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter (2020) karya H Sukiyat, pendidikan dalam kepramukaan terjadi pada saat peserta didik asik melakukan kegiatan yang menarik, rekreatif, dan menantang.

Pada dasarnya pendidikan kepramukaan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas.

Selain itu, pendidikan kepramukaan mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik nasional maupun internasional.

Pendidikan kepramukaan secara luas diartikan sebagai proses pembinaan yang berkesinambungan bagi kaum muda, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Pramuka memiliki tiga sifat atau ciri khas, yaitu:

Nasional

Pramuka bersifat nasional artinya organisasi yang menyelenggarakan kegiatan pramuka yang diadakan dalam sebuah negara harus menyesuaikan pendidikannya.

Menyesuaikan keadaan, kebutuhan, dan kepentingan masyarakat bangsa, dan negara tersebut.

Bila kondisi negara dalam peperangan, juga tidak menutup kemungkinan pramuka digunakan sebagai penyemat bibit pembela negara yang handal.

Internasional

Organisasi kepramukaan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pramuka dan sesama manusia.

Tidak saling membedakan kepercayaan atau agaman, golongan, tingkat, suku, dan bangsa antar sesama.

Dalam hal ini, pramuka menjadi sebuah simbiosis mutualisme (kerja sama saling menguntungkan) dalam rangka membina persaudaraan dan kemanusiaan dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun.

Universal

Kepramukaan bersifat universal artinya menyeluruh dan tidak dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja.

Dalam pelaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Adapun berkaitan dengan metode pendidikannya.

Biasanya setiap negara memiliki ciri khas tertentu sebagai pembeda yang disebabkan ooleh penyesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan bangsa atau negara yang menyelenggarakannya.

Sumber :https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/30/163050169/3-sifat-pramuka?page=all

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *